Meningkatkan Fokus di Tempat Kerja

namenoble.com web hosting wordpress terbaik

Fokus diminta untuk mengerjakan banyak hal dalam waktu yang terbatas dan disaat yang bersamaan. Sementara mesin
dapat melakukannya dengan cukup baik, manusia di sisi
lain tidak dirancang untuk melakukan hal ini. Artikel kali ini membahas tentang Cara Fokus di Tempat Kerja.

Otak kita mempunyai kemampuan terbatas untuk berfokus kepada beberapa hal saja dalam waktu yang relatif singkat.
Bos, teman kerja dan bahkan diri kamu sendiri akan terus menambahkan tugas ke dalam keranjang kamu. Hanya butuh beberapa waktu saja sampai kamu menemukan diri kamu mengerjakan beberapa hal sekaligus dan saat semuanya menagih, tidak ada yang selesai dan kamu menjadi frustasi.

Rasa frustrasi ini akan terus bertumpuk baik disadari atau tidak disadari dan dalam perjalanannya energi dan waktu kamu akan terus terkuras sampai akhirnya kamu merasa seperti sampah.

Kamu perlu menjaga fokus kamu tetap tajam dan menyelesaikan hal-hal yang terpenting. Tujuan utama dari produktivitas bukanlah mengerjakan semua tugas yang diserahkan kepada kamu, namun menyelesaikan hal yang paling penting dan menjaga energi, fokus dan waktu kamu tetap prima dalam perjalanannya.

Untuk mempunyai fokus yang lebih tinggi, kamu harus..?

  • Blok Semuanya

Setelah kamu memutuskan prioritas kamu dan mulai mengerjakan hal yang terpenting maka blok semuanya. Balikkan smartphone kamu sehingga kamu tidak dapat melihat layar, matikan notifikasi email, LINE & WhatsApp dari smartphone & PC kamu untuk sementara.

Pasang headphone kamu dan mulai mengerjakan. Memasang headphone akan membuat orang lain lebih enggan mengganggu kamu, mereka mungkin akan meninggalkan pesan atau bahkan email yang kamu dapat cek nantinya.

  • Hindari Multitasking

Terdengar keren, terlihat keren, tapi tidak ada hasil yang keren keluar dari multitasking. Buat prioritas kamu di awal hari dan fokus kerjakan. Ketika tugas baru masuk, ukur prioritasnya, jika tidak lebih penting maka taruh untuk dikerjakan nanti. Kamu bertanggung jawab untuk menjaga apa yang sudah kamu rencanakan.

  • Meditasi / Beribadah

Salah satu alasan mengapa kamu tidak dapat fokus adalah karena kamu sudah mempunyai begitu banyak pikiran di otak kamu, baik kamu sadari atau tidak.

Meditasi membantu kamu untuk meredakan ketegangan di otak kamu dan setelahnya akan ada lebih banyak ruang di pikiran kamu untuk membantu fokus. Sejujurnya meditasi ini tidak berfungsi langsung terhadap saya, namun setelah dilakukan 5-6 kali saya mulai bisa merasakan manfaatnya.

Saya suka melakukan meditasi terutama ketika leher dan kepala belakang sudah mulai tegang dan pegal, bagi saya itu tanda bahwa saya sedang stres. Meditasi lima menit secara instan mengurangi ketegangan tersebut. Kamu dapat menggunakan video lima menit di bawah untuk membantu kamu meditasi.

  • Pomodoro

Teknik yang diciptakan oleh Francesco Cirillo pada tahun 1980 ini pada dasarnya mengharuskan kita kerja dengan serius dan fokus sekitar dua puluh lima menit lalu mengambil istirahat selama lima menit.

Pada praktiknya kamu dapat memanjangkan sampai 60 menit atau bahkan 90 menit, namun ide utamanya adalah kerja cepat dan fokus yang terus diselingi dengan isitrahat.

Riset yang dilakukan oleh The Energy Project juga mengatakan bahwa mereka yang mengambil istirahat setiap 90 menit mempunyai 28% fokus yang lebih tinggi.

  • Lakukan hal yang terpenting

Sebelum menaruh tangga untuk memanjat, pastikan bangunannya adalah bangunan yang tepat. Kamu tidak ingin mengerjakan sesuatu dengan fokus tinggi namun ternyata bukan tugas yang signifikan bukan? Selalu lakukan pengaturan prioritas tugas sebelum kamu memulai hari kamu.

Hukum Newton dan Produktifitas

Benda yang bergerak akan terus bergerak, benda yang diam akan terus diam kecuali ada gaya luar yang mempengaruhinya.

Ketika kamu sudah mulai produktif (bergerak) maka kamu akan terus mencari cara untuk menjadi lebih produktif (terus bergerak). Namun masalah terbesarnya adalah bagaimana pertama kali memulainya atau bagaimana bergerak jika kamu sedang mandek? Cara termudahnya adalah dengan melihat daftar pekerjaan kamu yang dapat selesai dalam 2 menit (2 minutes rule) dan mulai mengerjakannya. Setelah kamu mulai bergerak, selesaikan tugas lain yang membutuhkan waktu kurang lebih sama dan lalu kerjakan hal yang paling penting. Perlu diingat mengerjakan tugas berdasarkan waktu paling sedikit bukanlah cara yang tepat. Two minutes rules ini hanya berfungsi untuk memancing diri bergerak.

F =ma, Gaya yang dihasilkan adalah perkalian antara massa dengan percepatan.

Gaya adalah sebuah vektor, dan ketika berbicara mengenai vektor kita berbicara mengenai besar dan arah. Dalam hal ini besar adalah berapa usaha yang kamu keluarkan dan arah adalah apa yang kamu kerjakan. Jangan sampai kamu mengeluarkan tenaga sangat besar namun mengerjakan sesuatu yang salah. Ini seperti memasang roket terbalik dan mengharapkannya untuk terbang tinggi. Habiskan waktu yang cukup untuk mengidenfitikasi apa hal terpenting yang harus kamu lakukan dan kerahkan tenaga yang besar disitu.

Untuk setiap aksi selalu ada reaksi yang sama besar dan berlawanan arah.

Ketika kamu sudah mengeluarkan usaha untuk produktif (aksi) namun tetap merasa tidak produktif kamu mungkin sedang mempunyai gaya berlawanan (reaksi) yang sama besarnya. Dalam kehidupan sehari-hari, motivasi dan usaha mendapatkan perlawanan yang sama besarnya dengan stres, melakukan banyak tugas berbeda sekaligus, atau kurangnya tidur. Ini mengapa seberapa kuat kamu berusaha mendorong, selalu ada yang mendorong balik sama beratnya. Berusaha lembur 3 hari akan selalu didorong dengan hilangnya semangat, tenaga, dan stres yang bertambah besar tiap harinya.

Memotivasi diri dengan luar biasa, kopi, dan super fokus, akan memberikan kamu daya dorong di awal yang lebih besar (boost). Namun setelah beberapa lama gaya dorong berbalik akan mulai semakin kuat. Cara yang lebih baik dalam jangka panjang adalah melakukan prioritasi, belajar mengatakan tidak, atau menyederhanakan hidup.

Menyederhanakan Hidup

Secara tidak sadar kita membuat diri kita lebih sibuk dari seharusnya. Saya mengenal seseorang yang secara konstan mempunyai acara di luar pekerjaan hampir setiap hari. Sementara mungkin kita merasa produktif dengan semua kegiatan ini namun secara jangka panjang kita akan merasa lelah dan merasa hidup ini seperti auto-pilot.

Salah satu hal yang penting dari produktivitas adalah bagaimana perasaan kamu terhadap hal-hal yang kamu selesaikan. Menyelesaikan banyak tugas yang tidak membuat kamu terpenuhi tidak akan memberikan kamu tenaga lebih.

Menyederhanakan hidup mungkin terasa kebalikan dari produktivitas, namun manfaatnya sebenarnya akan membuat kamu lebih produktif terhadap hal-hal yang penting dari hidup kamu. Salah satu elemen terpenting dari menyederhanakan hidup adalah mempunyai waktu untuk berpikir. Ketika kita sudah sibuk dengan rutinitas kita maka kita tidak punya waktu berpikir, kita sudah dalam mode auto-pilot.

Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan lebih banyak waktu, berfokus terhadap hal yang penting dan menyederhanakan hidup kamu:

  • Berhenti berlangganan newsletter – Saya mungkin mendapatkan sekitar 40 email sehari dari berbagai penyedia jasa yang saya gunakan. Satu email bisa menghabiskan 10 -15 detik membacanya dan sekitar 1-2 detik untuk melihatnya ketika notifikasinya masuk. Bukan saja waktu akan terbuang tapi fokus kamu juga akan terpecah seiring kamu melihat notifikasinya, kamu sedang menambahkan beban yang tidak perlu ke dalam pikiran kamu.
  • Pelan-Pelan. Ambil satu langkah mundur dan lihat apa saja yang kamu tidak perlu dalam hidup kamu. Buat daftarnya dan konsekuensinya jika perlu. Jangan mau memulai rutinitas yang sama sampai kamu benar-benar yakin bahwa yang kamu akan lakukan benar-benar berharga dan berdampak bagi diri kamu.
  • Batasi komunikasi – Ratusan pesan setiap hari, bunyi notifikasi setiap 20 detik, dan puluhan drama setiap hari. Salah satu mengapa saya masih waras adalah karena saya hanya menggunakan LINE dan keluar dari grup yang benar-benar tidak mempunyai dampak dalam hidup.
  • Ciptakan rutinitas pagi dan malam. Bayangkan kasus ini, kamu ada di rumah jam 9 malam dan sedang secara santai menonton Netflix atau YouTube sampai kamu melihat jam menunjukkan pukul 01:20 lalu kamu bergegas tidur supaya besok bisa bangun. Mempunyai rutinitas malam seperti membaca novel favorit kamu 40 menit, lalu menonton seri favorit kamu 1 episode, lalu menyiapkan apa yang harus dikerjakan besoknya akan menjaga waktu berharga kamu.
  • Gunakan transportasi umum dan tinggal lebih dekat ke kantor. Jika kamu menggunakan kereta maka ada banyak buku yang bisa kamu baca, atau podcast yang kamu dengarkan. Memangkas 30 menit ke kantor dengan cara pindah tempat tinggal juga akan memberikan kamu waktu ekstra 100 jam setahun. Nah sekarang siapa yang tidak butuh 100 jam ekstra setahun? Tanya, apakah ini akan membuat hidup saya lebih sederhana? Setiap kali kamu mendapatkan tugas baru, membeli peralatan atau akan memutuskan sesuatu tanya diri kamu sendiri apakah ini akan membuat hidup saya lebih mudah dan sederhana? Jika jawabannya adalah tidak maka jangan lakukan.
  • Say no – Belajar mengatakan tidak.
  • Pangkas screen time – Facebook, YouTube, Televisi, dan Netflix. Cobalah sesekali mengukur berapa jam tidak produktif yang kamu habiskan di depan komputer dalam seminggu. Sekarang bayangkan jika kamu menggantinya dengan hal-hal yang benar-benar kamu ingin lakukan dalam hidup ini.

Concentrate all your thoughts upon the work in hand. The Sun’s rays do not burn until brought to a focus

— Alexander Graham Bell

Share pengalaman anda bagaimana cara fokus bekerja melalui blog. Namenoble Web Hosting Terbaik dapat membantu anda memudahkan proses registrasi domain dan hosting untuk blog atau website anda.

Pastikan anda menjadi pelanggan Newsletter dari blog Namenoble Web Hosting Terbaik blog untuk tips dan informasi terbaru seputar bisnis online dan bagaimana memulai bisnis online. Jangan lupa kirim juga tweet ke @namenobleID lengkap dengan ide-ide anda sendiri, dan dapatkan kejutan hosting gratis dari Namenoble Web Hosting Terbaik!

One thought on “Meningkatkan Fokus di Tempat Kerja”

Leave a Reply